Curug Banyumili, Desa Dagan, Bobotsari.

Hallo kawan,
Pada kesempatan kali ini aku mau membagikan hasil penjelajahan kami (dolan tipis-tipis :v) di Desa Dagan, Bobotsari.

Sebelumnya pernah dengar? Okay seperti disadur dari blog ini http://wajahkota.blogspot.co.id/2015/05/sejarah-desa-dagan.html ,
Secara adminsitratif, desa Dagan merupakan sebuah desa yang masuk dalam wilayah kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Desa Dagan terletak di sebelah barat Kantor Pemerintah Kecamatan Bobotsari, dengan jarak tempuh sekitar 4,5 km. Belum ada penelitian secara ilmiah mengenai sejarah berdirinya desa Dagan. Hanya, dari cerita para sesepuh, desa Dagan telah ada pada zaman sebelum kerajaan Mataram berdiri. Jika cerita ini benar, maka desa Dagan merupakan desa tertua di kabupaten Purbalingga. Dalam risalah Babad Purbalingga, nama desa Dagan sama sekali tidak tertulis. Tulisan ini bukan merupakan tulisan sejarah ilmiah. Hanya sebagaimana jamaknya sejarah desa-desa di Indonesia, desa Dagan pun mempunyai riwayat tersendiri. 


Curug Banyumili


Tapi kali ini aku bukan mau bercerita tentang sejarahnya, melainkan keindahan salah satu potensi wisatanya, Curug Banyumili. Bermula dari postingan di grup facebook dan instagram, membuat aku dan temanku tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut.

instagram.com/desadagan

instagram.com/desadagan










Perjalanan kami awali dari Mrebet, menuju Bobotsari, menuju desa wisata Limbasari, dan akhirnya sampai desa Dagan. Pesawahan nan indah menjadi pemandangan syahdu tersendiri. Melihat para petani beraktivitas, mendengar kicauan burung bernyanyi, gemricik aliran sungai menjadi kesegaran yang HQQ (hakiki). Sampai akhirnya kami berhenti di halaman Masjid dusun Legok untuk memarkirkan sepeda motor kami.




Kami sempat bertanya kepada warga sekitar di mana Curug Banyumili berada, kebetulan belum ada papan informasi mengenai lokasi air terjun tersebut. Setelah kami paham beberapa arahan dari masyarakat, kami langsung berjalan mengikuti jalan setapak  dan tak terduga ternyata Curug tersebut sangat dekat dengan Masjid tadi :D .  Persis di samping jalan setapak, kalian bisa melihat keindahan curug ini.

Debit air yang sedang, dengan ketinggian sekitar 8 meter, lumayan untuk sebuah kesegaran yang hakiki. Air terjun ini belum sepenuhnya resmi dibuka (Dokumentasi kami 1/11/17). Selfie deck belum selesai penggarapannya, juga belum tersedia loket retribusi. Jadi masih gratis. Tetap jaga kebersihannya ya…




instagram.com/desadagan

Sejak dulu desa memiliki potensi yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Ada kecenderungan bahwa ketimbang menghabiskan waktu mengunjungi pusat kota, para wisatawan  lebih berminat menjadikan kawasan pedesaan sebagai tempat mereka berlibur. Betapa wilayah pedalaman menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin merasakan ketentraman, kesejukan, dan kesegaran, sekaligus melepas penat. 

Sebenarnya berkembangnya desa wisata belakangan ini turut membantu pemerintah pusat dalam menekan angka pengangguran. Keberadaan beberapa titik wilayah yang mampu menarik pengunjung tentu membuka lahan pekerjaan yang luas, sehingga kompetensi generasi muda dapat diberdayakan secara maksimal. Akhirnya mereka bisa bekerja, tanpa perlu meninggalkan tanah kelahirannya.

Sekian pengalaman perjalanan kami kemarin, itulah salah satu potensi wisata yang ada di Desa Dagan, semoga menjadi tambahan daftar destinasi wisata kalian di Purbalingga. Bila ada sesuatu yang ingin dipertanyakan mengenai desa Dagan, kamu bisa klik instagram.com/desadagan .



Rute :
Dari arah pbg ,
setelah perempatan bobotsari lurus belok kiri pegadaian belok kanan luruss terus sampe mentok tikungan, 
setelah tikungan pertigaan pertama belok kanan, mentok belok kanan , ga jauh ada sd, sebelah sd ada jalan cor2an belok kiri ikuti sampe habis. 
Baru belok kanan.. turunn ikuti jalan terakhir nemu masjid dusun legok, lurus masuk gang, curug ada di samping gang.

Terima kasih sudah mampir di blog ku, jika kamu berminat berkeliling  bareng membuka potensi wisata di Purbalingga, kamu bisa nich hubungin aku di whatsapp 08112727223 .  Tag foto ke instagram.com/aam_riyanto ya bila kamu menemukan keindahan alam lainnya di Purbalingga.

Salam Lestari!

Curug Banyumili
Dusun Legok, Desa Dagan,
Bobotsari, Purbalingga,
Jawa Tengah, Indonesia







2 komentar:

  1. mantap mas. kapan kapan ajakin ke sini ya hehehe, Rencana mau mudik tanggal 21 November nanti

    BalasHapus
  2. curugge kereeenn........pengin gowes ke curug banyumili...

    BalasHapus

Jembatan Gantung Pagerandong-Kaliori

instagram.com/aam_riyanto Rabu, 26 Februari 2020, aku dan Istriku memulai perjalanan menuju  ke Jembatan Gantung Pagerandong-Kali...