Puncak Beser, Jingkang, Karang Jambu.

Belum banyak yang tahu kalau di ujung utara Kota Purbalingga terdapat sebuah bukit yang membuatmu begitu kagum saat melihatnya.
Bukit tersebut adalah Puncak Beser (Bukit/Gunung Beser). Berada di desa Jingkang, kecamatan Karang Jambu, puncak ini berada di ketinggian 1250mdpl.
Yuk disimak,
Cekidot :D …………. 

instagram.com/aam_riyanto


Perjalananku dimulai dari Purbalingga Kota menuju ke utara arah Bobotsari lalu menuju ke Karangreja.
Setelah melewati Tugu Icon Goa Lawa, aku dan temanku belok ke kanan menuju kecamatan Karang Jambu menuju desa Jingkang.

Setelah sampai di Desa Jingkang, kami minta rekomendasi dari warga sekitar di mana harus memulai pendakian. Kami memutuskan untuk memulai dari Hutan Pinus Jingkang melewati perkebunan warga. Sebaiknya membawa peralatan keamanan dan logistik yang memadai, mengingat daerah ini merupakan daerah yang bersuhu dingin (lembab), sering hujan, dan tekstur tanah yang mudah longsor.

Hutan Pinus



Sepanjang perjalanan menuju puncak banyak pohon pinus yang bisa kamu jadikan foto ala-ala anak folk :D .Meski belum ada rute yang jelas, puncak ini tetap mudah dijangkau karena kita tinggal mengikuti jalan yang biasa dilalui oleh warga sekitar untuk berkebun. Kalian bisa bertanya pada warga yang kebetulan berpapasan untuk memastikan apakah jalur tersebut benar. Menghabiskan waktu trekking sekitar 30 menit, kami beristirahat sebentar. Lalu mata kami terbelalak melihat hamparan tanaman gelagah (bahan utama pembuatan sapu) yang mirip sabana. Seperti di luar negeri ya :D

seperti sabana ya

Setelah mengambil beberapa gambar, kami melanjutkan perjalanan ke puncak dengan melewati perkebunan warga yang dipenuhi dengan gelagah liar. Ini yang butuh perjuangan ekstra. Kami menembus pepohonan yang kadang bikin gatal, belum lagi rute yang tidak jelas. Pokoknya mencari bahkan membuka jalur sampai ke atas. Kami berhenti di bawah pohon, dan ternyata kami menemukan potongan kayu bertuliskan Puncak Beser. Yeayyyy… akhirnya. Siap cekrek-cekrek lagi .




Setelah puas berfoto ria kami beristirahat sejenak sembari menggelar tikar untuk menikmati makan siang bersama.
Wah rasanya kegembiraan yang hakiki bisa makan sambil melihat pemandangan yang begitu indah di depan kami. Keindahan alamnya membuat kami betah untuk berlama-lama disitu.

lahap banged

upin & ipin









Oh ya, kenapa puncak ini dinamai Bukit Beser?
Istilah beser sendiri dalam bahasa jawa artinya mudah kencing (beseran), karena itulah cukup sepadan juga dikatakan gunung beser karena mengandung banyak air.




Sekian perjalanan kami,
Terima kasih sudah berkenan mampir.
Di postingan selanjutnya masih di kecamatan Karang Jambu, kami akan mengekspose pesona Curug Bangkong. Ditunggu ya …………
Kalian juga bisa melihat keindahan panorama lain di instagram.com/aam_riyanto

Untuk kamu yang punya hobby sama, mengeksplor alam Purbalingga, bisa gabung nich. Agendakan ngetrip bareng mengekspose pesona kabupaten tercinta. Kamu bisa whatsapp aku di 08112727223 .

Salam Lestari!



ayo ke sini

lanjut explore lagi

4 komentar:

Jembatan Gantung Pagerandong-Kaliori

instagram.com/aam_riyanto Rabu, 26 Februari 2020, aku dan Istriku memulai perjalanan menuju  ke Jembatan Gantung Pagerandong-Kali...